Pengenalan HTML

Hi semua, mau posting tentang HTML nih, saya kasih category nya emang di pemrograman web, walopun HTML itu bukan bahasa pemrograman, tapi nggak apa2 lah ya, biar ga ribet..

Oke, daripada kelamaan nanti basi, buat temen2 yang belum tau, HTML itu singkatan dari HyperText Markup Language. Adalah bahasa dengan markup – markup atau penandaan yang merupakan bahasa standard untuk menampilkan file di web browser. File itu bisa berupa tulisan, audio, video, gambar, dll.



Jadi HTML itu adalah kumpulan perintah yang memerintahkan kepada web browser untuk bisa menampilkan isi ke user. HTML merupakan bahasa standar yang umum dan telah di update oleh W3C (World Wide Web Consortium).


Yang dimaksud standar umum berarti, bahwa bahasa ini sudah menjadi dasar untuk menampilkan file ke web browser dan bisa digunakan oleh siapa pun di dunia. Yang artinya semua browser bisa menterjemahkan apa yang tertulis di file HTML. Contoh browser itu seperti Mozilla firefox yang masih jadi idaman pemakai internet, terus ada Opera , terus Internet Explorer dari Microsoft, dan masih banyak lagi tinggal pilih aja. Untuk memilih web browser, saya menyarankan untuk memakai yang support javascript karena web page zaman sekarang udah ampir pake javascript semua.

Seperti namanya, Markup Language, HTML merupakan bahasa dengan adanya penanda / marker, dimana penanda itu yang sering disebut “Tag”. Tag HTML ada banyak, ada yang punya <BEGIN TAG> dan </END TAG> , ada juga yang cuma <BEGIN TAG> nya aja.

Jangan bingung dulu ya, karena ini masih awal :) , tenang aja disini semua penjelasan akan ada contohnya nanti :) ..

Nah HTML digunakan untuk membuat halaman web yang Static. Dimana halaman web nya Cuma buat nampilin halaman aja, untuk memperbagus halaman yang static ini, kita butuh bantuan CSS, JavaScript, dan bahasa ServerSide, yang mudah2an bisa di jelasin semuanya, amin :) .

Nah mungkin kalo mau belajar semua, mungkin schemanya seperti ini sesuai urutannya :

HTML => dasar untuk membuat halaman web, tapi masih hanya sebuah Static Web page.

CSS => atau Cascading Style Sheet, yang gunannya untuk mengatur tata letak isi HTML nanti.

JavaScript => untuk membuat HTML menjadi interactive dengan animasi atau validator.

ServerSide Script => disinilah pemrograman web terjadi, dimana web kita udah ada otaknya atau pemrosesannya. Disini juga kita sudah bisa membuat Dynamic web page dengan adanya pemrosesan tersebut.

Contoh ServerSide Script antaranya : PHP (HyperText Preprocessor) ga nyambung emang sama singkatannya, JSP (Java Server Page) dari Java, ASP (Active Server Page) kalo ga salah punya nya Microsoft, Velocity ini buatannya Apache.

Nah itu kalo temen2 mau belajar untuk bikin web yang memenuhi standar, harus belajar dari dasarnya HTML, terus design web nya CSS, terus buat web nya lebih interactive dengan JavaScript, lalu tambahkan logika pemrosesan dengan ServerSide Scripting.

Kalo semuanya udah jago, mungkin temen2 mau ke jalan yang lebih rumit lagi yaitu teori MVC (Model View Controller), dimana kita mengatur sendiri jalannya web kita.

Ok, itu sekedar pengenalan, next kita belajar HTML Dasar.

Comments :

0 komentar to “Pengenalan HTML”

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

My Best Friends

blogger logo