Apa Sih Internet Itu??

Halo semuanya :) udah lama ga posting, kangen bet dah :D ..
Kali ini saya mau bahas tentang Internet :O apa sih internet itu? Pada tau ga?




Jangan bisanya Cuma make doank, tapi ga tau apaan tuh internet :D, yang masih mau tau, yuk mari dilanjut bacanya :)


Internet atau Interconnected Network adalah jaringan tingkat global yang menghubungkan dua atau lebih computer di seluruh dunia. Dunia internet di sebut juga sebagai Cyberspace, atau biasa kita sebut “dunia maya” yang merupakan media tekhnologi informasi dan komunikasi tanpa batas, wow :O.

Komputer dan jaringan dengan koneksi internet akan terhubung ke Internet backbone (jalur utama) yang mempunyai nomor unik (unique number) dengan alamat IP 32 bit. Internet tidak memerlukan spesifikasi Sistem Operasi khusus, jadi semua Sistem Operasi bisa menggunakan Internet :) asik kan .. Komputer dengan Sistem Operasi berbeda dapat mengirim dan menerima Informasi dengan prinsip dasar atau menggunakan protocol standar yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

TCP/IP merupakan protocol yang posisinya berada di bawah HTTP (HyperText Transfer Protocol), TCP adalah sebuah protocol yang bertanggung jawab untuk memastikan apakah file yang dikirim sudah lengkap dikirim apa belum dikirim ke tujuan. Sedangkan IP adalah protocol yang mengarahkan file sampai ke tujuan. Bingung ya? Kalo masih bingung kita ibaratkan TCP adalah seorang petugas yang tugasnya bertanggung jawab apa file sudah dikirim semua apa belum. Nah, kalo IP itu guide yang nunjukin jalan kemana sih file nya harus dikirim.

HTTP menggunakan dua protocol ini buat mastiin kalo file bener-bener udah dikirim sampai akhir tujuan. HTTP itu punya urutan Request-Response. Seperti namanya, Request itu permintaan, kalo Response itu jawaban dari permintaan. Request terjadi ketika adanya client yang membuka koneksi dan mengirim kan pesan permintaan ke server. Lalu server mengirimkan jawaban ke client yang mengirim pesan tadi, biasanya berupa resource yang diminta. Lalu setelah mengirim response si server menutup koneksi.

Kita contohkan aja, kalo kita lagi main facebook terus mau klik notification, itu berarti kita sebagai client udah membuka koneksi ke server dan meminta request untuk membuka page notif. Nah si server yang menerima request dari kita langsung memberikan response yaitu akses ke halaman notification. Setelah semua halaman telah lengkap di kirim, server memutuskan koneksi hingga request berikutnya.. gitu loh :)

Oke :) untuk sementara pengertiannya segini aja dulu yah, kalo ada yang lebih ngerti, boleh donk di share :O
Semoga membantu :) ..

Comments :

1
BeDa mengatakan...
on 

Informasi dasar ini penting diketahui oleh para blogger. Insya Allah artikel ini juga bermanfaat bagi pelajar yang sedang menempuh mata pelajatan TIK atau mahasiswa TC semester awal.

Salam ukhuwah

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

My Best Friends

blogger logo