Asal Muasal Internet

Yups kita udah ngebahas apa itu Internet disini ,

ARPAnet.



Project NSFNET.



Internet zaman sekarang.


sekarang yang mau tau awalnya internet itu dari mana monggo di baca artikelnya :)


Sebelum menjadi internet yang sekarang ini dimana kita bisa mengakses dunia tinggal klak klik klak klik, ternyata Internet itu berasal dari sebuah jaringan computer yang terdiri dari beberapa computer yang terhubung kabel dan membentuk sebuah jaringan (network).

Pada tahun 1969, Internet dikembangkan dengan nama ARPAnet (Advanced Research Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pada waktu itu ARPAnet dibangun untuk membuat jaringan computer yang tersebar (lebih dari satu jalur komunikasi), kenapa tersebar? Konon katanya untuk menghindari pemusatan informasi pada satu jalur komunikasi yang katanya rawan untuk dihancurkan kalo terjadi peperangan. Jadi apabila satu jalur terputus, akan dipindah ke jalur lain, nah itu gunanya Internet awal- awalnya :) .

Nah di tahun 1977, ada lebih dari seratus mini computer dan mainframe yang terhubung ke ARPAnet dan sebagian besar ada di universitas. Terhubungnya computer ini pun dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk share informasi tanpa harus meninggalkan computer.

Lalu pada tahun 1980-an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi masih tetep bisa berjalan. Jaringan interkoneksi yang menghubungkan antar koneksi (ARPAnet dan Milnet) ini dinamai DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut sebagai Internet saja. Pada masa itu, Internet hanya bisa di akses oleh computer mini dan mainframe aja. Lalu setelah dibuka layanan Usenet dan Bitnet, baru deh internet bisa di akses melalui Personal Computer (PC). Protokol yang digunakan adalah TCP/IP dengan menggunakan DNS (Domain Name System).

Setelah itu di tahun 1986, dibentuk NSFNET (National Service Foundation Network). NSFNET ini pun di ramalkan akan menggantikan ARPAnet. Sehingga pada Maret 1990, ARPAnet pun dibubarkan. Pada masa NSFNET, udah mulai didirikan berbagai jaringan internasional yang terhubung NSFNET. Nah pada masa ini, udah lebih dari 4juta host internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988 itulah perkembangan internet mulai sangat cepet dan berlipat ganda setiap tahunnya.

Nah inilah awal mulanya Internet yang ternyata pertama kalinya digunakan di militer. :O
Semoga bermanfaat :)

Comments :

0 komentar to “Asal Muasal Internet”

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

My Best Friends

blogger logo