Mengembalikan File Hilang karena Virus

Virus Virus Virus :O

Nih ada satu pengalaman saya lagi berantem sama virus, dimana waktu itu lagi numpang ngeprint di warnet eh pas pulang semua file doc (Word Document) berubah jadi exe (Executable / Application).



Saya sih udah tau kalo itu pasti virus, akhirnya saya coba search di flashdisk semua file yang berekstensi exe ,ternyata ada banyak banget T_T semua file doc dan xml berubah jadi exe. Dan anehnya AntiVirus saya Symantec yang udah di update ga nge-detect virusnya,, huuhh..
Ayo lanjuutt..


Setelah mengambil langkah tegas, akhirnya tanpa ragu saya hapusin semua file yang udah bertipe exe / application. Nah disinilah awal dari masalah, pas mau hapusin tiba – tiba mouse nya ke klik dua kali, waduh waduh, gawat nih..

Ternyata bener aja gawat, semua file asli yang tipe nya doc, xml dan ada beberapa folder ilang T_T dan file exe yang uda di apus muncul lagi muncul lagi T_T..

Akhirnya dan untungnya saya masih inget cara balikin file dan folder yang hilang itu, karena waktu itu pernah di ajarin sama temen. Yaitu lewat Command Prompt.
Oke, langsung ke TKP yuk..

1. Buka aja Command Prompt, caranya klik Start>>Run>> lalu ketik cmd>>tekan enter.
Akan muncul jendela berwarna hitam yang namanya Command Prompt,

2. Arahkan drive ke dirve Flashdisk kamu,
Asumsinya Flashdisk kamu ada di Drive F: , ketik aja di Command Prompt F: , enter.
Lihat, prompt jadi pindah ke drive F

F:\>

3. Ketik perintah berikut attrib -s -h -r *.* /s /d, enter

F:\> attrib -s -h -r *.* /s /d
Akan blank sebentar (tidak keluar apa – apa), proses ini sedang memunculkan file – file yang di hiden, tunggu sampai muncul lagi tanda F:\>

attrib digunakan untuk mengganti attribut file
-R Menghapus Read-only file attribute.
-A Menghapus Archive file attribute.
-S Menghapus System file attribute.
-H Menghapus Hidden file attribute.
/S Proses semua file
/D Proses semua folder
*.* maksudnya untuk semua jenis file

4. Proses selesai dan File yang di hiden akan Nampak.


Nah untuk melihat apakah virusnya udah ilang ato masih ada, klik View>>Details.
Akan membuat semua file menjadi terlihat detailnya dalam explorer.

Urutkan tipe file nya, klik tab Type. Dari sini akan ketahuan mana yang folder asli dengan yang bukan, mana yang file word asli dengan yang palsu.
Dari mana saya tau? karena type nya akan diurutkan (A-Z), maka Folder yang tidak berekstensi akan berada pada urutan paling atas, sedangkan folder palsu yang berekstensi .exe akan berada terpisah dengan kumpulan file / folder sejenis.

Nah, kalo file temen2 blom ketemu, atau mau tau apakah masih ada virus apa tidak,
caranya buka Explorer>>klik Tool>>Folder Options>>Tab View>>Pilih “Show hidden files and folders”, Hilangkan tanda centang “Hide extensions for known file types” dan juga “Hide protected operating system files (Recommended)”.

Nah coba liat apa filenya uda ada apa belum? kalo belum coba liat lagi “Hide extensions for known file types” dan juga “Hide protected operating system files (Recommended)”
apa tercentang lagi atau bener2 udah ga kecentang??

kalo uda ga kecentang brarti file yang ilang udah ke apus, tapi kalo ternyata dia kecentang lagi walau udah di ilangin centangnya, itu brarti perbuatan virus.

Semoga bermanfaat..

Comments :

0 komentar to “Mengembalikan File Hilang karena Virus”

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

My Best Friends

blogger logo