Domain Server Name

Pada perkenalan internet, saya udah ngusik ngusik yang namanya DNS (Domain Name Service).



Nah disini mau saya jelaskan apa sih DNS itu :O
Mari lanjut..


DNS atau yang sering kita sebut Domain Name (nama domain) adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti web server, email atau jaringan computer atau internet. Domain itu berfungsi untuk mempermudah kita mengingat dan mengakses alamat yang kita kunjungi disbanding harus mengingat deretan angka atau nomor unik yang kita sebut IP address.

Komputer yang terhubung jaringan internet memiliki nomor unik / IP address untuk bisa berkomunikasi dengan yang lainnya, termasuk computer kita pun akan memiliki nomor itu :). Nomor unik yang digunakan sebagai identitas itu kita sebut sebagai protocol, yaitu protocol TCP / IP. Nomor tersebut tersusun atas 32 bit yang dibagi menjadi 4 segmen. Tiap segmen terdiri atas 8 bit yang dipisahkan oleh titik (.) . Angka yang di isi itu antara 0 sampai 255, jadi seperti ini 0.0.0.0 – 255.255.255.255. Nah jadi nomor unik itu tersedia sekitar 255x255x255x255 = 4.228.250.625.

Pasti susah kan nginget nomor sebanyak itu, sekarang kita contoh kan IP address 64.233.189.104, coba masukan nomor itu di kolom URL, dan lihat halaman apa yang muncul nanti.



Yak, yang keluar adalah google.com, Nah daripada ngetik angka IP address yang panjang dan ngejlimet itu, lebih mydah kalo kita keti aja www.google.com, ia kan?? www.google.com itu yang di sebut dengan Domain name.

Domain punya tingkatan yang fungsinya supaya lebih mudah pengidentifikasian.

TOP LEVEL DOMAIN (TLD)
Dibagi menjadi dua gTLD (generic Top Level Domain) dan ccTLD (country code Top Level Domain).

Yang termasuk gTLD adalah:
com , penggunaan komersial,
net , penyedia jasa jaringan internet,
org , organisasi non komersial , dll.

ccTLD :
id , Indonesia,
uk , Inggris,
us , Amerika Serikat,
jp , Jepang, dll.

SECOND LEVEL DOMAIN (SLD)
Domain yang ada di level kedua, Contohnya sebuah domain www.facebook.com yang berada pada SLD adalah “facebook”. Jika ada yang nama domainnya seperti ini www.gellaps.blogspot.com, maka SLD nya adalah “blogspot”. Di Indonesia, untuk SLD yang tegolong country code ditentukan dengan cara tertentu. Contoh www.gunadarma.ac.id , SLD nya disini adalah ac.id .

SLD di Indonesia terdiri dari :
co.id , sama seperti com berguna untuk badan usaha komersial, hanya saja disini menyertakan country code “id”.
go.id , digunakan untuk lembaga pemerintahan Indonesia,
ac.id , seperti contoh di atas, untuk lembaga pendidikan minimal memiliki program Diploma 1 tahun (D1),
sch.id , digunakan untuk lembaga pendidikan dari TK hingga SMA, dll.

THIRD LEVEL DOMAIN (TrdLD)
Doamin pada level ketiga, Nama domainnya diletakkan sebelum Second Level Domain.
Contoh www.gellaps.blogspot.com yang termasuk Top Level Domain adalah com, Second Level Domain adalah blogspot, dan gellaps nya merupakan Third Level Domain. Di Indonesia, www.gunadarma.ac.id dimana TrdLD nya adalah gunadarma.

Nah seiring perkembangan, muncul juga yang namanya Free Domain atau domain gratis untuk komersial tapi tidak berbayar. Contohnya seperti co.cc , tk , dll.

Oke, itu lah pembahasan tentang DNS (Domain Name Service)
Semoga bermanfaat :)

Comments :

0 komentar to “Domain Server Name”

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

My Best Friends

blogger logo